Sahabat adalah perisai diri

Monday, March 5, 2012

Sarang-Sarang Binatang Yang Menakjubkan

Salam,
Tak mau kalah dengan manusia, binatang ni pun ada jugak memiliki nilai arsitektur yang sangat tinggi dalam membangunkan sarangnya......., bahkan keindahannya sering tidak boleh kita bayangkan macam mana caranya depa membena tempat dok depa...... Berikut kat sini ada beberapa jenis binatanag yang memiliki nilai cita rasa yang sangat tinggi dalam hal membuat sarangnya.......Amat menakjubkan......Mai kita tengok...

1. Sarang Burung Penenun


Burung penenun membangun sarang permanen pada pohon dan objek lainnya yang tinggi. Sarang ini akan cukup besar untuk rumah puluhan keluarga burung, berisi beberapa generasi sekaligus. Sarang yang sangat terstruktur memberikan burung rasa yang lebih nyaman dibanding kondisi di luar. Pusat kamar tetap panas dan digunakan untuk malam hari dan mengerami telur. Luar ruangan yang digunakan untuk berteduh di siang hari.

2. Sarang Semut


Komplek sarang semut dibangun oleh banyak anggota koloni. Sarang semut dibangun di bawah tanah atau di atas pohon. Sarang semut ini dapat ditemukan di dalam tanah, di bawah batu atau kayu dan di dalam batu berongga. Bahan yang digunakan untuk pembangunan adalah tanah dan tanaman.Sarang semut selalu dijaga ketat, jadi jangan sampai mengganggunya.

3. Bendungan Berang - Berang


Bendungan berang - berang dibuat sebagai perlindungan terhadap predator, seperti coyotes, serigala dan beruang, dan untuk memberikan kemudahan akses ke makanan selama musim dingin. Berang - berang selalu bekerja di malam hari dan produktif pembangun, membawa lumpur dan batu dengan bagian depan dipagari dengan kayu yg dipotong dengan gigi.

Karena itu, menghancurkan sebuah bendungan beaver tanpa mengeluarkan berang - berang sulit, terutama jika bendungan hilir adalah sebuah penginapan aktif. Berang - berang dapat membangun dasar seperti bendungan dalam semalam.

4. Sarang Lebah Madu


Lebah madu adalah salah satu spesies dari lebah yang membangun sarangnya dari lilin yg berasal dari nektar bunga yang lalu diproduksi menjadi lilin oleh tubuh lebah sendiri. Sarang lebah sendiri selalu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

5. Sarang Rayap


Rayap pekerja membangun dan mempertahankan sarang koloni mereka seperti rumah. Ini adalah struktur rumit dibuat dengan menggunakan kombinasi dari tanah, lumpur, kayu yang dikunya/ selulosa, dan air liur. Sarang Rayap terdiri dari terowongan seperti galeri yang efektif memberikan udara dan mengontrol keseimbangan CO2/O2, serta memungkinkan untuk memindahkan rayap melalui sarang.

Sarang biasanya dibangun di bawah tanah, dalam potongan-potongan kayu besar, pohon-pohon tumbang di dalam atau tinggal di puncak pohon. Beberapa spesies membangun di atas tanah, dan dapat berkembang menjadi gundukan yang menakjubkan.

6. Katak Pohon


Seperti namanya, katak ini biasanya ditemukan di sangat tinggi atau pohon dan tumbuh-tumbuhan yang tinggi. Mereka biasanya tidak turun ke tanah, ketika bertelur mereka membangun busa pada daun dan selama hidup mereka hingga dewasa jarang sekali meninggalkan pohon.



18 comments:

  1. Salam kak ros...

    Manusia pun tiru haiwan juga..

    ReplyDelete
  2. assalam ros..uniknya sarang mereka..

    ReplyDelete
  3. hebat...kak ambik gambar kat mana ni kak? menarik sgt :)

    ReplyDelete
  4. sarang rayap tue yang paling kretif sekali..
    walaupun mereka kategori haiwan tapi mereka juga kreatif dan rajin baut "rumah" sendiri..=)

    ReplyDelete
  5. setailo kan makhluk2 ni kak...pandai giler dorang... :)

    ReplyDelete
  6. sungguh kreatif kan.. kuasa Allah..

    ReplyDelete
  7. Salam Norieda,

    Waalaikumsalam....EEEmmm....betoi tu Norieda....kadang2 tu kita tengok binatang ni lagi unik kan Norieda.....

    ReplyDelete
  8. Salam Tiramisu Fatiema,

    Waalaikumsalam.....memang unik sangat....macam2 rupa bentuk sarang binatang2 ni kan Fatiema....

    ReplyDelete
  9. Salam mama,

    Waalaikumsalam.....betoi tu mama....nampak sangat kerjasama dan ketekunan depa ni kan mama.....

    ReplyDelete
  10. Salam Kasihredha,

    Memang hebat...Ini lah kebesaran Allah kan Kasihredha.....

    Gambar ni anak Kak Ros yang bagi....kat mana dia dapat pun Kak Ros tak tau....mungkin dari kawan dia kot...

    ReplyDelete
  11. Salam Terbang Bersamaku,

    Binatang yang tak dak akal pikiran pun boleh buat sampai macam ni kan....memang menakjubkan.....

    Inilah kelebihan yang Allah bagi kat depa...

    ReplyDelete
  12. Hi Mr.Clive,

    Memang setailo gila lah....tengok la sarangnya tu...bukannya kecik...semuanya besar2 belaka...unik pulak tu... kan Mr.Clive.....

    ReplyDelete
  13. Salam LYAfrina,

    EEEmmmm....ni lah menunjukkan bertapa besarnya kuasa Allah ni kan LYAfrina...

    ReplyDelete
  14. Salam Anaa,

    kak Ros pun tak boleh nak pikir macam mana la depa buat sarang ni dan berapa lama pulak nak jadi besar sampai macam ni kan Anaa.....

    Allah tu maha besar......

    ReplyDelete
  15. Salam Fabulous,

    Tu la kan Fabulous.....terlampau unik sangat sampai ngeri pulak tengoknya kan....he.he.he....

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails